Rabu, 16 Maret 2011

Latihan Untuk Melatih Kemampuan Verbal...Part 1.

Kemampuan berkomunikasi sudah merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh siapapun. Saat kita berbicara di depan umum atau di hadapan orang lain, itu adalah waktu yang tepat untuk mempromosikan diri. Sebenarnya tidak perlu repot-repot untuk 'menjual" potensi diri. Kita tidak perlu beriklan atau mempromosikan diri lewat media massa baik cetak ataupun elektronik. Cara jitu untuk mempromosikan diri sebenarnya adalah hanya dengan berbicara atau berkomunikasi dengan baik. 
Untuk bisa berkomunikasi dengan baik maka salah satu teknik yang harus dikuasai adalah Teknik Verbal. Kemampuan dalam menggunakan dan memilih kalimat yang efektif dan efisien serta kemampuan dalam merangkai kata-kata dan istilah sehingga mampu menjadi kalimat yang berbobot. Menjauhkan diri dari menggunakan kata-kata "sampah' dan kalimat yang "membosankan". Berikut salah satu latihan untuk melatih kemampuan verbal yaitu Latihan Merangkai Kalimat. Langkah-langkahnya adalah:
  1. Cari objek yang akan menjadi fokus anda. Bisa salah seorang manusia, teman, benda atau apa saja yang bisa untuk digambarkan dengan kata-kata. Contoh pilih saja seorang sahabat anda.
  2. Temukan 5-10 item/hal baik dari teman anda tersebut, baik itu yang berhubungan fisik atau kepribadianya. Contoh: cantik, low profil, ramah, pintar, dll
  3. Setelah itu rangkailah semua item tersebut menjadi sebuah kalimat/paragraf.
  4. Boleh menambahkan kata-kata penghubung asalkan tidak kalimat lengkap.
  5. Hindari pengulangan kata/kalimat/kata-kata yang tidak bermakna. 
  6. Usahakan menggunakan kata/kalimat efektif, efisien dan respektif.
Contoh: Sepuluh item/hal baik dari seorang teman (Steve) adalah: ganteng, baik, sederhana, tidak merokok, rapi, pintar, dewasa, perhatian, suka menolong dan percaya diri.Kita akan mencoba untuk merangkai menjadi kumpulan kalimat yang bermakna.

Steve adalah teman yang baik dan pintar. Siapapun yang mengenalnya pasti akan senang karena  steve adalah pribadi yang dewasa, penuh perhatian dan suka menolong. Sebagai laki-laki, steve termasuk anak yang ganteng. Dalam keseharian, steve/dia selalu berpenampilan rapi dan sederhana sehingga setiap saat dia selalu percaya diri. Satu hal menarik adalah bahwa ternyata steve tidak merokok.

Latihan ini bisa anda lakukan dengan mengganti objeknya. Semakin sering melakukannya maka semakin banyaklah kosakata anda dan semakin variatif lah kata-kata dan kalimat anda. Selamat Mencoba !!!.

2 komentar: